Pengadaan Barang dan Jasa BUMN Sekarang Melalui Digital

Siapa sih yang tidak mengenal dunia digital di saat ini? Bahkan anak-anak yang masih duduk di sekolah dasar sudah sangat mengenal dunia digital baik dari komputer, laptop maupun smartphone yang mereka gunakan setiap harinya.

Terlebih lagi di tengah pandemi covid ini, dunia digital menjadi salah satu langkah penyelamat agar kegiatan bisa berjalan seperti biasanya. Memang ada anomali yang terjadi di masyarakat. Semua pekerjaan saat ini banyak yang dilakukan secara digital. Anak-anak sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar melalui video conference. Ujian pun dilakukan dengan cara yang sama.

Bagi para pekerja menjalankan pekerjaan di rumah atau kita kenal dengan istilah work from home (WFH). Istilah ini menjadi begitu terkenal di tengah pandem ini. Memang masih banyak yang belum terbiasa, tetapi beberapa mengatakan prosesnya sama saja seperti bekerja di kantor. Tetapi ada juga yang mengatakan proses kerja mereka tidak selancar biasanya.

Di tengah pandemi covid ini, akhirnya pemerintah melalui Kementerian BUMN melakukan inisiasi dengan merilis sebuah platform digital. Platform digital ini akan menjadi tempat yang berguna bagi BUMN dan juga UMKM di kemudian hari. Platform ini bernama PaDi UMKM.

PaDi UMKM atau Pasar Digital UMKM merupakan platform yang dibentuk oleh Kementerian BUMN untuk keperluan pengadaan barang dan jasa BUMN. Tetapi pengadaan barang dan jasa BUMN ini dilakukan secara online. Seller yang ada di PaDi UMKM juga berasal dari daftar UMKM terpercaya yang ada di seluruh Indonesia.

BUMN dan UMKM memang menjadi tonggak ekonomi Indonesia dalam menjalankan roda ekonomi Indonesia. Bayangkan saja, UMKM per hari ini sudah berada di angka 64 juta unit usaha. Data ini menunjukan bahwa 99% usaha di Indonesia yang milik lokal masih dalam tahap UMKM. UMKM sendiri juga telah berhasil membuka lapangan pekerjaan hingga angka 116 juta pekerja. Angka ini menunjukkan bahwa 97% lapangan pekerjaan masih dikuasai pekerja di bidang UMKM.

BUMN sendiri juga memiliki peranan penting. Kebanyakan dari BUMN sendiri dibentuk oleh pemerintah untuk mengelola sumber daya alam yang dimiliki negara dan juga sektor-sektor penting lainnya. Memang semua BUMN saat ini berjumlah sangat banyak dan kemungkinan bisa mengalami pengurangan dan penambahan di setiap tahun atau periodenya.

BUMN juga memiliki anggaran yang sangat besar terutama dalam hal biaya operasional dan juga pengadaan barang dan jasa. Diharapkan anggaran yang cukup besar ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh UMKM.

Dengan biaya pengadaan barang dan jasa yang diakomodir oleh UMKM, maka perputaran roda ekonomi tetap berjalan di negara sendiri dan hal itu tentu sangat bagus bagi perekonomian nasional.

Oleh karena itu, PaDi UMKM menjadi sebuah jawaban permasalahan yang ada di tahun 2020 ini!