Mengenali Prosedur Konsultasi Program Hamil

Aktivitas konsultasi dokter kandungan  program hamil merupakan prosedur pemeriksaan yang bisa dilakukan oleh pasien sebelum menjalani masa kehamilan, dilakukannya prosedur ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai hal yang bisa mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bisa hamil dan membantu menjalani proses kehamilan, selain itu konsultasi dokter kandungan program hamil juga bisa meningkatkan peluang agar bayi lahir dengan sehat.

Melakukan konsultasi program hamil adalah langkah awal yang bisa ditempuh oleh pasangan yang berencana untuk menjalani proses kehamilan.

Ketika melakukan konsultasi program hamil akan melewati beberapa tahapan, mulai dari diskusi dan melakukan periksa kesehatan. Itu bertujuan untuk mendeteksi berbagai faktor yang beresiko membahayakan kondisi calon ibu dan janin saat menjalani masa kehamilan nanti.

Bukan hanya itu, dilakukannya konsultasi program hamil juga mempunyai beberapa manfaat lain untuk ibu, bayi dan pasangan. Diantaranya sebagai berikut:

Manfaat melakukan konsultasi program hamil

  1. Bisa untuk membantu mempersiapkan calon ibu dan pasangan secara fisik dan emosional ketika menghadapi waktu kehamilan nanti.
  1. Berguna untuk mencegah resiko terjadinya bayi lahir stunting, dimana adanya gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami akibat kurangnya asupan gizi pada bayi.
  1. Mencegah berbagai gangguan atau kelainan yang mungkin saja bisa terjadi pada saat masa kehamilan berlangsung atau pada waktu persalinan nantinya. Berikut gangguan atau kelainan yang mungkin saja terjadi, seperti keguguran, kelahiran yang prematur, mengalami cacat lahir dan mencegah bayi lahir dengan berat badan yang rendah.
  1. Mencegah terjadinya penularan HIV atau infeksi seksual yang menular dari ibu ke bayi, serta mencegah terjadinya infeksi pada bayi yang baru lahir.
  1. Menurunkan resiko terjangkitnya berbagai penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, gangguan pembuluh darah di masa depan dan terjadinya kanker yang bisa saja terjadi pada usia kanak kanak nanti.

Konsultasi dokter kandungan program hamil bisa Anda lakukan di klinik atau rumah sakit bersama dengan dokter kandungan.

Seharusnya, konsultasi program hamil dilakukan oleh semua wanita yang bertujuan untuk segera hamil. Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan wanita dan pasangan untuk melakukan konsultasi program hamil, berikut diantaranya:

Kondisi atau indikasi yang harus dilakukannya konsultasi program hamil

  1. Tidak kunjung mendapatkan keturunan setelah usia pernikahan lebih dari 2 tahun.
  1. Pernah mengalami gangguan Ketika kehamilan sebelumnya, misalnya keguguran, kematian janin atau terjadinya bayi lahir dengan kelainan kongenital.
  1. Mempunyai kelainan genetik yang berisiko diturunkan pada janin, seperti thalasemia. Sehingga bisa dilakukannya penanganan.
  1. Wanita yang berusia lebih dari 40 tahun.
  1. Menderita berbagai jenis gangguan medis tertentu, seperti hipertensi, diabetes, infeksi seksual yang menular, fenilketonuria, epilepsi, penyakit tiroid dan artritis.

Beberapa hal berikut ini harus dipersiapkan oleh Anda dan pasangan sebelum dilakukannya konsultasi program hamil.

Persiapan sebelum melakukan konsultasi program hamil

  • Persiapkan berbagai berkas tentang riwayat kesehatan Anda dan pasangan

Langkah awal sebelum melakukan konsultasi, biasanya dokter akan memeriksa riwayat dari kesehatan Anda dan pasangan secara menyeluruh. Maka dari itu, Anda harus membawa berkas riwayat kesehatan yang pernah dilakukan sebelumnya, antara lain hasil tes laboratorium, foto Rontgen, hasil CT scan atau MRI dan hasil tes penunjang lainnya.

  • Beritahu dokter jika Anda atau pasangan sedang mengkonsumsi jenis obat atau produk lainnya yang pernah dikonsumsi

Anda dan pasangan sebaiknya membawa dan menunjukkan jenis obat yang pernah atau sedang dikonsumsi, itu termasuk vitamin dan suplemen. Karena beberapa jenis obat mungkin akan mengganggu terjadinya proses kehamilan atau bahkan bisa mengakibatkan cacat lahir pada bayi.