Memahami Apa Itu Cryptocurrency Dan KYC

Mengenal cryptocurrency dan KYC di dunia financial tentu saja harus dilakukan. Terutama bagi Anda yang memang ingin mempelajari bitcoin sebagai mata uang digital. Hal ini dikarenakan bitcoin adalah salah satu contoh dari cryptocurrency. Maka dari itu sebelum mempelajari bitcoin ada baiknya anda mengetahui cryptocurrency. Cryptocurrency adalah sebuah mata uang yang digunakan sebagai alat transaksi virtual di jaringan internet. Sementara itu KYC juga erat hubungannya dengan dunia bitcoin. Untuk lebih jelasnya akan dijabarkan berikut ini.

Apa Itu Cryptocurrency

Cryptocurrency sendiri menjadi sebuah mata uang digital dengan sandi rahasia yang terbilang rumit. Sandi tersebut digunakan untuk menjaga keamanan dari mata uang digital. Mata uang digital ini memiliki sifat desentralisasi, sehingga tidak ada lagi pihak perantara atau pihak ketiga dalam transaksi yang dilakukan. Cara kerja cryptocurrency yaitu transaksi sifatnya peer to peer antara pengirim dan juga penerima, meski begitu transaksi tetap tercatat di jaringan cryptocurrency.

Orang yang melakukan penambang dengan cryptocurrency, punya tugas yaitu mencatat transaksi lalu akan mendapatkan komisi berupa uang digital yang tentu saja bisa dipakai. Cryptocurrency punya hubungan dengan sistem blockchain. Dimana blockchain memastikan bahwa transaksi mata uang digital akan berlangsung aman. Untuk keuntungan menggunakan cryptocurrency Indonesia  yaitu punya potensi untuk kenaikan di masa yang akan datang dan juga bisa menghindari pemalsuan uang. Tetapi disisi lain ada tingkat volatilitas yang tinggi. Dimana kondisi  nilai mata uang bisa mengalami penurunan secara cepat dan juga drastis.

Apa itu KYC

Nah untuk KYC sendiri juga punya kaitan yang erat dalam dunia bitcoin. Dimana KYC adalah  juga mengetahui identitas dari pengguna atau memiliki kepanjangan yaitu know your customer. Untuk identitas yang diperlukan terdiri dari kartu identitas, pekerjaan dan juga alamat pelanggan. Prinsip KYC diadopsi tidak hanya pada perbankan tapi juga investasi dan mata uang kripto.

KYC sangat diperlukan untuk dunia cryptocurrency agar terhindar dari tindak pidana, begitu pula dalam dunia perbankan. Seperti diketahui teknologi bisa saja meningkatkan kriminalitas salah satunya tindak pidana pencucian uang atau pendanaan bagi terorisme melalui cryptocurrency. Nah, adanya KYC meminimalisir kedua hal ini terjadi. KYC juga punya peranan penting dalam melindungi bursa. Sehingga bursa terhindar dari resiko hukum, transaksi nasabah hingga operasional.

Nah, kini tentu anda sudah mengetahui bahwa cryptocurrency adalah mata uang digital yang memang kini semakin banyak diminati orang untuk bertransaksi digital. Begitu pula dengan KYC sebagai sistem perlindungan yang hakiki.