Jangan Sepelekan Tips Ini Sebelum Beli Popok

Kesehatan

Anda sebagai orangtua pasti memiliki kriteria dan pertimbangan khusus ketika memilih popok bayi. Misalnya Anda terlalu gandrung dan akhirnya beli Baby Happy. Hal ini tidak salah karena terlalu mengagumi dari suatu merek. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli popok bayi terutama di marketplace Orami. Simak informasi berikut ini.

1. Daya Serap Baik

Daya serap setiap produk dari popok bayi pasti berbeda-beda. Anda bisa memilih produk atau merek popok bayi yang bisa menyerap dengan cepat. Caranya Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan. Salah satunya adalah bertanya kepada para orangtua lainnya yang telah mencoba produk atau merek tersebut.

Bisa juga Anda mencari sumber di internet mengenai produk tersebut. Produk popok yang dilapisi  dari AGM atau absorbent gelling material atau yang juga dikenal sebagai superabsorbent, lebih diandalkan. Pasalnya popok yang memiliki lapisan ini dapat memisahkan cairan urin dari feses dengan cepat sehingga tidak membuat ruam popok pada bayi.

2. Sesuai Berat Badan

Tips berikutnya adalah Anda harus memilih popok berdasarkan berat badan anak. Jangan berpatokan untuk beli popok berdasarkan usia anak. Selalu cek dan recheck mengenai informasi yang ada di label produk. Anda juga bisa memastikan bahwa ukuran popok bayi yang Anda beli sudah sesuai dengan berat badan bayi.

Hal ini dapat terlihat pada tampilan depan dari merek popok yang mencantumkan ukuran berdasarkan kilogram. Apabila poin ini Anda lewati, risiko ruam popok dan kebocoran bisa terjadi jika Anda memilih popok yang tak sesuai ukuran semestinya.

3. Terbuat dari Bahan Berpori

Saat Anda berada di supermarket untuk membeli popok, cek secara detail terkait dengan bahan yang dipakai. Usahakan Anda mencari popok dengan bahan luarnya terbuat dari bahan yang berpori. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengatakan bahwa penggunaan popok dengan bahan berpori pada bagian luarnya lebih baik dari pada memilih popok yang menggunakan bahan waterproof.

Bahan waterproof sendiri merupakan bahan yang digunakan pada bagian luar popok yang menggunakan teknologi canggih agar bagian luar popok tahan air. Bahan ini lebih baik dihindari karena bahan ini tidak aman dan tidak nyaman bagi kulit bayi yang sensitif. Oleh karena itu, apabila Anda membeli secara daring jangan lupa tanyakan terlebih dahulu pada customer service.

4. Bahan Popok yang Aman untuk Kulit Bayi

Selain menggunakan bahan yang berpori, Anda juga harus memastikan bahwasannya popok yang Anda pilih tidak mengandung pewangi. Apabila Anda memakai popok lain pun yang tidak mengandung pewangi, jangan pernah mencuci dengan deterjen yang mengandung pewangi. Pasalnya produk pewangi dapat menyebabkan ruam pada kulit bayi. Terlebih lagi jika kulit bayi begitu sensitif.

5. Harga Sesuai Anggaran

Tips yang berikutnya adalah mengenai harga. Tentu saja Anda bisa membeli dan mempertimbangkan dengan seksama untuk memilih popok dengan harga yang cukup ekonomis. Kebutuhan anak atau bayi Anda akan meningkat seiring dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu, Anda bisa mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan lainnya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli popok. Jika Anda mengincar dari merek tertentu, misalnya saja ingin beli Baby Happy, pastikan Anda mengeceknya secara detail. Alih-alih ingin memberikan yang terbaik untuk anak, yang ada malah merugikan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*